SMAN 1 LEPAR PONGOK

Jalan Merdeka No.1 Tanjung Labu, Kec. Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan

BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERWAWASAN, LINGKUNGAN

Perbedaan rapid test antigen vs antibodi

Selasa, 22 Desember 2020 ~ Oleh admin sekolah ~ Dilihat 129 Kali

 

Dalam rangka menekan penyebaran Virus SARS CoV-2 atau akrab disebut COVID19, pemerintah mengeluarkan aturan baru dalam melakukan perjalanan dalam negeri. Seluruh pelaku perjalanan, baik udara, darat, dan laut antar daerah diharuskan melakukan Rapid Test Antigent-Swab.

Peraturan ini diberlakukan mulai dari tanggal 21 Desember 2020 hingga perjalan tanggal 8 Januari 2021. Hal ini diatur dalam Surat Edaran No 3 Tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Orang Selama Libur Hari Raya Natal dan Menyambut Tahun Baru 2021 dalam Masa Pandemi COVID-19 yang dikeluarkan oleh Satgas COVID-19

Lantas, apa itu Rapid Test Antigen-Swab 

Rapid Test Antigen-Swab merupakan salah satu cara untuk mendeteksi adanya materi genetik atau protein spesifik dari Virus SARS CoV-2. Tes Antigen – Swab dilakukan pada saat akan melakukan aktivitas perjalanan orang dalam negeri dengan masa berlaku selama 14 hari.

Dikutip dari situs penanganan COVID-19 Republik Chechnya, ini perbedaan rapid test antigen dan antibody (detik.com)

  1. Rapid test antigen

Antigen adalah molekul yang mampu merangsang respon daya tahan tubuh. Molekul ini dapat berupa protein, polisakarida, asam nukleat, dan lipid. Tiap antigen memiliki fitur permukaan berbeda yang dikenali sistem imun.

Virus Corona sendiri atau SARS CoV 2 memiliki sejumlah antigen yang terdiri dari protein nukleokapsid. Nah, rapid test antigen akan mendeteksi ada tidaknya protein tersebut.

Hanya saja rapid test antigen memang kurang sensitif dibanding RT-PCR test. Pasalnya menurut ahli patologi klinis dari RS Pondok Indah (RSPI) Bintaro Jaya dr Thyrza Laudamy Darmadi SpPK, tes ini hanya efektif mendeteksi infeksi ketika jumlah virus dalam tubuh cukup tinggi.

"Ketika jumlah virusnya tidak terlalu tinggi, jadi CT (cycle threshold) valuenya di atas 25 atau di atas 30, antigen itu bisa akan negatif," ujar dr Thyrza.

Namun, tes ini memiliki kelebihan hasilnya ini bisa diketahui lebih cepat dan bisa dilakukan di lebih banyak laboratorium dan fasilitas kesehatan.

  1. Rapid test antibodi

Antibodi adalah protein berbentuk Y yang diproduksi sel B dalam sistem imun tubuh. Protein adalah respon tubuh terhadap paparan antigen.

Tiap lengan antibodi memiliki situs pengikatan, yang berisi bagian tertentu dari permukaan antigen. Pengikatan inilah yang menghilangkan antigen dengan langsung melakukan netralisasi, atau dieliminasi lengan antibodi lainnya.

Waktu yang diperlukan tubuh untuk membentuk antibodi berbeda-beda. Karena itu, rapid test antibodi dilakukan pada orang yang pernah terinfeksi COVID-19.

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

...

JASMAN, S.Pd. Ekop, M.Pd

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, atas izin dan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa akhirnya Website resmi SMAN 1 LEPAR PONGOK kini…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini sudah memberikan informasi yang lengkap ?

LIHAT HASIL