SMAN 1 LEPAR PONGOK

Jalan Merdeka No.1 Tanjung Labu, Kec. Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan

BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERWAWASAN, LINGKUNGAN

SMAN 1 Lepar Pongok Launching Logo Perpustakaan

Rabu, 25 Nopember 2020 ~ Oleh admin sekolah ~ Dilihat 1292 Kali

Dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional Tahun 2020, SMAN 1 Lepar Pongok melakukan peluncuran logo Perpustakaan SMAN 1 Lepar Pongok. 

Logo Perpustakaan R.A. Kartini merupakan hasil desain dari Ibu Dwi Meyqasari, S.Pd. Beliau adalah guru mata pelajaran Sosiologi yang diberikan tugas sebagai kepala perpustakaan di SMAN 1 Lepar Pongok.

Perpustakaan Lepar Pongok diberi nama 'Perpustakaan R.A. Kartini. Nama R.A. Kartini diambil karena jasa Beliau dalam kegiatan literasi. Selain dikenal sebagai pencetus emansipasi wanita, R.A. Kartini juga dinobatkan sebagai Tokoh Literasi Nasional. R.A. Kartini semasa hidupnya giat melaksanakan kegiatan literasi, baik dalam lingkungan keluarga, masyarakat, anak-anak, maupun kalangan perempuan di sekitarnya.

Nama R.A. Kartini sebagai nama perpustakaan diharapkan mampu memberi semangat kepada seluruh warga sekolah, khususnya guru dan peserta didik, agar aktif menggiatkan literasi di sekolah. Literasi merupakan salah satu media pencerdasan manusia.

  

Foto anak sedang membaca memaknai bahwa SMAN 1 Lepar Pongok mengajak semua orang rajin membaca sejak dini. Membaca adalah jendela ilmu. Kita bisa menguasai dunia dengan membaca.

Gambar Matahari bermakna bahwa ada kecerahan di depan jika kita rajin membaca. Islam sudah mengajarkan kita untuk membaca. Membaca mampu memberikan makna kepada pelaku.

Gambar Buku Terbuka menggambarkan betapa banyaknya ilmu yang tersedia dalam setiap buku. Buku tidak pernah memilih siapa yang akan membacanya. Ia selalu menerima setiap orang untuk membaca dan memperoleh ilmu darinya.

Gambar Gelombang Laut adalah gambar yang menjelaskan tentang ilmu yang disediakan oleh buku itu seluas lautan. Tidak ada batasan waktu dan tempat untuk membaca. 

Tulisan SMA Negeri 1 Lepar Pongok menandakan bahwa perpustakaan R.A. KArtini ini adalah perpustakaan yang berbasis di SMAN 1 Lepar Pongok. 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT