SMAN 1 LEPAR PONGOK

Jalan Merdeka No.1 Tanjung Labu, Kec. Lepar Pongok, Kabupaten Bangka Selatan

BERKARAKTER, BERPRESTASI, DAN BERWAWASAN, LINGKUNGAN

Mei Elfrida Tarigan, M.Si., Duta Rumah Belajar dari SMAN 1 Lepar Pongok

Selasa, 17 Nopember 2020 ~ Oleh admin sekolah ~ Dilihat 231 Kali

Rumah Belajar merupakan Portal pembelajaran yang didirikan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Rumah Belajar menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0 yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK) sederajat. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara gratis.

Ada 4 fitur utama yang disiapkan oleh Rumah Belajar;

  1. Kelas Maya. Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.
  2. Sumber belajar. Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan
  3. bank Soal. Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian.
  4. Laboratorium maya. Fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum.

Selain itu, Rumah Belajar juga menyiapkan beberapa fitur tambahan, meliputi Peta Budaya, Buku Elektronik Sekolah, Wahana Jelajah Angkasa, Karya Bahasa dan Sastra, Edugame, Pengembangan Profesi Berkelanjutan, dan Blog Pena. 

Semua fitur disiapkan untuk membantu peserta didik dan guru dalam kegiatan pembelajaran. Fitur-fitur yang menarik ini diharapkan dapat mempermudah guru dan peserta didik dalam menguasai sebuah materi pembelajaran.

Untuk mensosialisasikan fortal dan kegiatan Rumah Belajar tersebut, Pustekkom Kemendikbud menunjuk guru-guru di daerah sebagai Duta. 

Duta Rumah Belajar merupakan perpanjangan tangan dari Pustekkom Kemendikbud dalam melakukan pengembangan dan pendayagunaan teknologi, informasi, dan komunikasi (TIK) untuk 'pembelajaran di masing-masing provinsinya terutama Portal Pembelajaran GRATIS dari pemerintah yaitu Rumah Belajar (belajar.kemdikbud.go.id)

Duta RUmah Belajar diberikan tugas sebagai:

  1. Menjadi perwakilan pemanfaatan TIK 
  2. Mengikuti bimbingan teknis pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK 
  3. Terlibat dalam kegiatan pemanfaatan TIK untuk pendidikan dan kebudayaan 
  4. Bertemu dan bertukar wawasan dengan guru-guru berprestasi dari seluruh Indonesia.

Di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga menyelenggarakan seleksi Duta Rumah Belajar. Sampai saat ini, salah satu peserta yang lolos sampai tahap 4 adalah Mei Elfrida Tarigan, M.Si. Mei Tarigan, begitu akrab disapa, merupakan Guru Sejarah di SMA Negeri 1 Lepar Pongok. Saat ini Mei Tarigan telah melakukan beberapa kegiatan diseminasi pembelajaran berbasis TIK kepada guru di wilayah Kecamatan Lepar Pongok, dari jenjang TK/PAUD, SD, SMP, maupun SMA.

 

(beberapa informasi disadur dari Fortal Rumah Belajar Kemdikbud pada link https://belajar.kemdikbud.go.id/ )

 

 

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

JASMAN, S.Pd. Ekop, M.Pd

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Alhamdulillah, atas izin dan karunia Tuhan Yang Maha Kuasa akhirnya Website resmi SMAN 1 LEPAR PONGOK kini…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah Website ini sudah memberikan informasi yang lengkap ?

LIHAT HASIL